Tips Belajar UI UX Design Dari Nol

Tips Belajar UI UX Design Dari Nol

Profesi sebagai UI dan UX designer pastinya selagi ini telah cukup terdengar familiar. Banyaknya lowongan yang ada di bidang UI dan UX design pastinya menyebabkan banyak orang yang tertarik studi bidang tersebut.

Menariknya, pekerjaan ini kerap kali tidak mengharuskan seseorang untuk mempelajari suatu model pendidikan tertentu.

Ilmu yang dibutuhkan untuk mempelajari UI dan UX design sanggup dipelajari sendiri asalkan anda ada niatan dan senang terus belajar.

Nah, terkecuali penasaran bersama dengan bidang ini dan inginkan mencoba miliki karier sebagai seorang UI atau UX designer, tersebut ini tips studi UI dan UX design yang mesti anda ketahui.

1. Pelajari komitmen UI UX design

Hal yang jadi cakupan berasal dari user interface atau UI ialah semua aspek visual yang ditampilkan di website. Jadi, cara pertama untuk studi UI design yakni bersama dengan lebih mengenal apa saja komitmen dari UI design itu sendiri.

Pelajari hal dasar khususnya dahulu agar nanti anda sanggup memasuki dunia desain bersama dengan gampang dan sanggup menyampaikan apa saja gagasan kreatifmu.

Ada sebagian komitmen dari UI design yang mesti diketahui. Pertama adalah warna. Pelajari dasar-dasar warna dan psikologi warna.

Setelah itu, komitmen lain yang mesti diketahui adalah balance atau keseimbangan, contrast sampai typography.

Seorang UI designer mesti sanggup menyebabkan desain yang seimbang bersama dengan perhatikan kontras dan pastinya memilih font huruf yang gampang dibaca.

Terakhir adalah konsisten. Prinsip ini paling perlu sebab bersama dengan berkesinambungan anda sanggup menciptakan desain yang lebih baik.

2. Cari mengerti mengenai sistem kreatif UI UX

Setelah mengerti komitmen di atas, anda terhitung mesti studi sistem kreatif dari profesi UI UX designer. Proses ini sendiri dijelaskan British Design Council. 

Proses kreatif pertama adalah discover yang jadi awal dimulainya dari tiap tiap proyek. Di proses, ini tiap tiap desainer mesti terasa melakukan riset, mencari inspirasi, dan menghimpun ide.

Selanjutnya adalah bagian define di mana desainer mesti telah sanggup mengartikan gagasan yang telah dimiliki.

Proses kreatif sesudah itu adalah develop atau pengembangan selagi desainer terasa menyebabkan rancangan dan mengujinya sampai meraih hasil yang diinginkan.

Dalam sistem ini, desainer mesti sanggup senantiasa tingkatkan dan menyempurnakan gagasan agar hasilnya lebih maksimal.

Terakhir adalah delivery yang mengharuskan desainer untuk memproses dan menyelesaikan proyeknya.

3. Perbanyak referensi

Salah satu hal yang terutama untuk studi UI dan UX design yakni bersama dengan senantiasa tingkatkan pengetahuan bersama dengan mencari referensi.

Kamu mesti telah sanggup membedakan seperti apa desain yang baik dan buruk serta mencari mengerti kelebihan dan kekurangan dari suatu desain. Hal tersebut sanggup ditunaikan bersama dengan memperbanyak referensi.

Selain bersama dengan melihat hasil desain dari desainer lain, anda terhitung sanggup tingkatkan referensi bersama dengan membaca artikel. Carilah artikel seputar UI UX design untuk tingkatkan pengetahuan.

Banyak membaca artikel terhitung sanggup membuatmu lebih mengerti mengenai tren terakhir yang sedang dibicarakan yang mungkin dapat dibutuhkan di dalam proyekmu nanti.

4. Pahami dulu software yang dibutuhkan UI UX designer 

Selain memperbanyak referensi, anda terhitung mesti terasa studi menggunakan tools atau software yang dibutuhkan bagi seorang UI UX designer.

Kamu sanggup menyalurkan idemu bersama dengan menggunakan sebagian software tersebut ini.

Adobe XD

Software ini jadi tidak benar satu  yang perlu bagi seorang UI UX designer. Adobe XD miliki sebagian kelebihan seperti miliki fitur prototyping tools yang sanggup menopang alur kerja selagi mengerjakan suatu proyek.

Selain itu, kelebihan lain dari Adobe XD sanggup menopang untuk menyebabkan kerangka kerja agar dapat memudahkan pekerjaanmu.

Balsamiq

Menurut Creative Bloq, tools satu ini sanggup menopang desainer untuk bekerja lebih cepat sebab sanggup menyebabkan wireframe bersama dengan lebih sederhana.

Salah satu kelebihan dari Balsamiq yakni terdapat banyak template yang sanggup dicoba.

Figma

Figma adalah sebuah tool desain dan menyebabkan prototype berbasis cloud untuk proyek digital.

Aplikasi yang satu ini miliki kelebihan yakni mempermudah penggunanya untuk melakukan kolaborasi bersama dengan seluruh bagian tim di mana saja dan kapan saja.

Sketch

Sketch jadi tidak benar satu software paling kondang sebab sanggup bersama dengan menyebabkan prototype bersama dengan lebih mudah.

Terdapat fitur-fitur perlu seperti powerful plugins dan intuitive interface yang sanggup menopang desainer bekerja bersama dengan lebih mudah.

5. Ikut kelas dan bootcamp UI UX design 

Cara mumpuni seterusnya untuk studi UI UX design adalah bersama dengan ikuti kelas atau bootcamp khusus.

Menurut Dribbble, ikuti kelas atau bootcamp mengimbuhkan peluang bagimu untuk tumbuh dan berkembang sebagai designer UI UX yang profesional.

Sebab, seluruh materi dan sistem pengajaran dapat dipandu langsung oleh para ahli dan praktisi UI UX yang ternama.

Selain itu, anda terhitung berkesempatan untuk merasakan impuls dan antusiasme di dunia desain UI dan UX.

Pasalnya, di dalam kelas dan bootcamp tersebut, peserta dapat berkecimpung secara singkat di dalam dunia kerja UI UX bersama dengan para designer profesional.

Nah, anda sendiri sanggup studi lebih banyak mengenai desain UI UX di Glints ExpertClass.

Para profesional dan desainer perusahaan top siap share pengetahuan dan pengalaman mereka tertentu buatmu.

6. Cari rekan diskusi

Cara studi UI UX design adalah bersama dengan mencari rekan diskusi. Kamu sanggup turut komunitas yang mempertemukan para UI UX designer.

Jika miliki kesulitan, anda sanggup langsung bertanya kepada mereka untuk mencari solusinya. Selain dapat meraih banyak pengetahuan baru, cara ini pastinya terhitung sanggup menjalin banyak koneksi.

7. Mulai bangun portofolio

Tips terakhir bagi anda yang inginkan studi UI UX design secara mendalam adalah bersama dengan terasa membangun portofolio.

Langkah satu ini sangatlah penting, khususnya terkecuali anda inginkan terasa melamar pekerjaan.

Pasalnya, di dalam sistem rekrutmen UI atau UX designer, perusahaan inginkan melihat kebolehan para job seeker. Jadi CV saja tidak dapat cukup.

Selain itu, menurut laman Career Foundry, terasa menciptakan portofolio adalah cara jitu bagi anda untuk kembangkan skill dan kreativitas di dalam desain.

Nah, tidak benar satu cara paling baik untuk terasa mengisi portofolio adalah bersama dengan jadi seorang volunteer.  Kamu dapat mendaftarkan diri di organisasi nirlaba dan bekerja dengan dengan dengan dengan tim UX mereka. 

Tak cuma itu, anda terhitung sanggup mencari daerah magang yang seandainya tak amat menyimak pengalamanmu.

Nah, itulah ketujuh tips Belajar UI UX design dari nol yang telah Glints rangkum untukmu.

Intinya, seandainya inginkan jadi designer UI UX profesional, anda mesti rajin studi dan secara aktif memperkuat skill desain.

Comments

Popular posts from this blog

Konstruksi Kanopi Tempat Parkir Mobil

Info Harga dan Ciri-Ciri Kambing Boer Fullblood Asli Termurah se Bandung barat jawa barat

Tempat Kursus PLC Bandung